Minggu, 24 April 2016 - 21:46:56 WIB
Manajemen dalam KBM
Diposting oleh : Dra. Lia Evilia Soekardi, S.H., M.M.Pd.
Kategori: Artikel Pendidikan - Dibaca: 102 kali

Manajemen dalam KBM

Oleh : Lia Evilia Soekardi

Setiap langkah kehidupan tidak akan lepas dari ilmu management. Keberhasilan suatu tujuan akan tercapai sesuai dengan rencana jika di “ manage “ dengan baik dan benar. Begitupun kegiatan di lingkungan sekolah khususnya guru yang akan terlibat dan berinteraksi langsung dengan para siswanya. Keberhasilan guru me “ manage “ rencana – rencana hingga pelaksanaan kegiatan belajar mengajar akan menentukan tingkat keberhasilan rencana yang telah disusun.

Pengertian management yang dikutip dari http://definisi.org/search/teori-manajemen-menurut-george-r-terry adalah sebagai berikut :

Menurut R. Terry :

“Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan,  pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya”.

 

Kegiatan Belajar Mengajar adalah kegiatan yang memerlukan proses dan waktu yang cukup panjang. Kegiatan belajar mengajar pun memerlukan management yang baik dan benar. Kegiatan belajar mengajar memerlukan persiapan yang matang sehingga rencana – rencana yang telah disusun akan mencapai tujuan secara maksimal. Tentunya keberhasilan kegiatan belajar mengajar sangat ditentukan oleh guru sebagai manager di kelas.

Perencanaan ( Planning ) :

Dalam perencanaan, Sebelum tahun ajaran baru, guru sudah merancang dan mempersiapkan rencana apa saja untuk melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar. Paket perencanaan ini dinamakan perangkat pembelajaran yang terdiri dari antara lain kalender akademik, alokasi waktu, program tahunan, silabus, program semester, rencana persiapan pengajaran hingga rancangan remedial dan pengayaan

Pengorganisasian ( Organizing ) :

Dalam pengorganisasian, untuk persiapan pelaksanaan dalam kegiatan belajar mengajar seorang guru sudah memilah dan memilih materi / bahan ajar, metode penyampaian materi atau bahan ajar , media, bentuk tes apa yang akan digunakan dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.

Penggerakan ( Actuating ) :

Dalam penggerakan, untuk pelaksanaan kegiatan belajar mengajar seorang guru harus mampu menjadi manager di kelas, kemampuan dalam me “ manage “ kegiatan pelaksanaan belajar mengajar akan membantu tercapainya tujuan yang telah disusun dalam rencana persiapan pengajaran. Kemampuan bagaimana memotivasi dan men “ support “ siswa untuk belajar adalah kemampuan untuk “ menggerakan “ siswa berperan aktif dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Pengendalian ( Controlling ) :

Dalam pengendalian, untuk pelaksanaan perencanaan seorang guru pun harus mampu mengendalikan aktivitas belajar mengajar hingga mengendalikan waktu yang telah direncanakan.

Kemampuan mengendalikan waktu dan mengatur waktu dalam pelaksanaan rencana – rencana yang sudah disusun awal semester merupakan kemampuan me “ manage “ waktu dan materi atau bahan ajar yang akan di berikan di semester tersebut.

Semoga ada manfaat dan barokahnya serta dapat dilaksanakan oleh guru sebagai  seorang manager di kelas. Amiin  ( April 2016 )




Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)